Mabes Polri Kirim Tim Kemanusiaan dan Ribuan Paket Bantuan Untuk Pengungsi Banjir Demak

By - March 28, 2024 | Post View : 99 views
WhatsApp Image 2024-03-23 at 16.33.27_a43c71ae

Mi-NEWS.com | DEMAK – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) mengirim tim misi kemanusiaan untuk bencana hydrometeorology di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/2024).

Tim Kemanusiaan yang diberangkatkan sebanyak 110 personil yang dibagi menjadi tiga tim untuk pemulihan sekaligus meringankan beban penderitaan masyarakat terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Wulan di Kecamatan Karanganyar.

Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Pol. Deddy Prasetyo menerangkan, tiga tim yang diberangkatkan yakni, Tim Trauma Healing dan Konselor, kemudian Tim Dokkes Polri serta Tim Polwan Tanggap Bencana.

“Pagi ini kami dari Mabes Polri meninjau langsung tempat pengungsian di Desa Ngaluran. Alhamdulillah atas sinergitas dan kolaborasi TNI, Polri, Pemda dan relawan, penanaganan banjir dapat teratasi dengan baik,” kata Deddy di tempat pengungsian SD N 3 Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Mabes Polri juga mengirim bantuan sembako dan kebutuhan pokok lainnya berupa obat-obatan, 1.000 paket untuk anak-anak, 11.842 potong pakaian, 10 ton beras, 500 dus air melineral, 700 dus mi instan dan 725 makanan cepat saji.

“Total 50.789 paket bantuan yang kami salurkan kepada korban banjir di Demak. Karena durasi banjirnya cukup panjang, tim trauma healing ini akan bersinergi, bekerjasama, dengan tim yang sudah ada di Polda Jateng untuk penguatan mental bagi para pengungsi yang berdampak,” terangnya.

Sementara tim dari Dokkes Polri, kata Deddy, juga akan bekerja sama dengan tenaga kesehatan dan tenaga medis untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan. Sedangkan tim Polwan Tanggap Bencana untuk membantu kegiatan dapur umum yang berada di lokasi pengungsian.

Adapun terkait sampai kapan tim kemanusiaan akan membantu para korban banjir Demak, mantan Kadiv Humas Polri ini mengatakan tergantung dengan situasi dan kondisi di lokasi.

“Semoga dengan bantuan yang kami bawa dapat bermanfaat bagi saudara kita yang terdampak banjir dan semoga dengan kerjasama serta kolaborasi semua pihak bancana ini dapat segera tertangani,” ungkapnya.

Sementara Bupati Demak dr. Eistianah mengungkapkan rasa terima kasih kepada jajaran Kepolisian yang selama ini secara masif membantu korban banjir maupun penanganan tanggul jebol di Sungai Wulan.

“Kami apresiasi yang telah jajaran Kepolisian berikan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Demak. Kami mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas bantuan yang disalurkan. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga terdampak banjir,” ucapnya. (Mi-NEWS/HumasPolres)

Artikel Terkait

Kategori

Arsip Berita

Popular Post