Kunker Presiden Jokowi di Sulawesi Tenggara, cek Fasilitas Kesehatan RSUD Baharuddin.

By - May 13, 2024 | Post View : 19 views
IMG-20240513-WA0394

Mi-News.com | MUNA – Mengawali agenda kunjungannya di Sulawesi Tenggara Presiden Jokowi meninjau pelayanan dan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. H.L.M. Baharuddin di Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna, pada Senin (13/05/24). perlu ada penambahan alat kesehatan yang canggih serta ketersediaan dokter ahli atau spesialis di RSUD tersebut.

Dalam agenda kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Presiden diagendakan mengecek fasilitas di rumah sakit, mengunjungi pasar, hingga meresmikan jalan daerah.

Saat kunjungan tersebut, Presiden Jokowi menyoroti pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, terutama untuk penyakit yang menonjol.

“Yang saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu stroke, jantung. Problemnya kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari provinsi, tidak segera ditangani ya ini akan menjadi problem,” Ungkap Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menekankan pentingnya akses ke peralatan kesehatan modern seperti CT scan, cath lab, dan mammogram, yang kini lebih merata dijangkau hingga ke puskesmas.

“Oleh sebab itu, sekarang Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan CT scan, cath lab, mammogram, atau yang ke level lebih kecil yaitu ke kabupaten, ke puskesmas itu ada USG untuk kehamilan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Jokowi mengapresiasi adanya dokter spesialis di kabupaten tersebut yang mampu mengoperasikan peralatan canggih. Dia juga menyebut rumah sakit tersebut sudah bagus.

“Saya melihat di sini baik. Gedungnya bagus, tata ruangnya bagus, bersih, saya kira itu yang harus semuanya menuju ke sana,” jelasnya.

Masih tutur, Presiden Jokowi juga mengapresiasi rumah sakit tersebut telah memiliki dokter spesialis yang mampu mengoperasikan peralatan canggih.

Yang saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu stroke, jantung. Problemnya kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari provinsi, tidak segera ditangani ya ini akan menjadi problem,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers usai peninjauan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dan Plt. Bupati Muna Bahrun.

(Mi-News/Red)

Editor: Alvin

Posted in ,

Artikel Terkait

Kategori

Arsip Berita

Popular Post