Gebyar Pesta Lomban Kupatan Pemuda 25 Lebak Selulang Jepara Dengan Diiringi Rete Musik Dan Banyak Lomba-Lomba

By - April 18, 2024 | Post View : 41 views
WhatsApp Image 2024-04-18 at 02.14.37_59494ebb

Mi-News.com | JEPARA – Dalam rangka menyambut pesta lomban 2024, masyarakat desa Lebak Selulang RT/02 RW/05 di dukung pemuda 25 menyambut meriah dengan mengadakan berbagai lomba di antaranya panjat pinang, makan kerupuk,dan masih banyak lomba lomba yang lain serta di iringi dengan hiburan Rete musik demi untuk memeriahkan acara yang di selenggarakan masyarakat desa Lebak Selulang Pakis aji Jepara Rabu tgl (17-04-2024).

Acara di mulai pukul 08.00 WIB dengan di awali lomba lomba dan juga tidak ketinggalan pula anak anak dengan riang gembira juga turut meramaikan dan mengikuti lomba demi untuk memeriahkan dan mensukseskan acara tersebut.

Terlihat dalam acara, hadir dari jajaran Polsek pakes aji serta para tokoh masyarakat dan juga temen temen media dan di dukung penuh pemuda 25 Lebak Selulang demi untuk mensukseskan acara lomba kupatan tersebut.

Acara yang di selenggarakan tersebut merupakan tradisi atau acara rutinan yang selalu di adakan setiap tahun sekali di desa Lebak selulang Jepara dan sudah menjadi tradisi dalam rangka acara menyambut pesta lomban kupatan di desa Lebak Selulang Pakisaji Kabupaten Jepara.

Tokoh masyarakat setempat pun mendukung kegiatan pemuda dan mengatakan, kegiatan acara lomban kupatan tersebut biasanya di selenggarakan satu minggu setelah Lebaran hari Raya Idul Fitri, setiap tahunnya,Juga bagian dari Nguri-uri atau melestarikan tradisi lomban kupatan yang di wariskan oleh nenek moyang pendahulu sebagai bentuk rasa Syukur kita pada Allah SWT.

Warga sekitar mengatakan, “Sebagian masyarakat agar tidak jauh jauh mengajak keluarganya untuk ikut memeriahkan lomban kupatan di wilayah desa masing masing guna untuk mencegah kemacetan atau keramaian di jalan raya.

Sementara itu, mas feri selaku ketua pemuda sekaligus yang bertanggung jawab dalam acara lomban kupatan mewakili dalam sambutannya menyampaikan, rasa Puji syukur kepada Tuhan YME, serta menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para tamu undangan yang telah turut hadir untuk memeriahkan acara tersebut.

Acara lomban kupatan yang telah di ramaikan Rete musik ini merupakan sudah menjadi tradisi atau acara rutinan tiap tahun sekali yang di lakukan masyarakat desa Lebak Selulang Pakisaji Jepara.

mas feri selaku ketua pemuda 25 dengan semangat dan ramah dalam mengatur tim untuk menyerahkan hadiah dorpraes maupun hadiah utama sebagai simbolis demi kelancaran acara tersebut.

Di tengah-tengah asiknya melihat keseruan lomba lomba kupatan serta dengan di iringi Rete musik awak media yang berkesempatan menemui ketua pemuda 25 mas feri memberikan sedikit penjelasan maksud dalam acara rutinan tahunan pesta lomban 1445 H/ 2024 tersebut.

Dengan begitu di harapkan kekompakan dan kerukunan antar warga masyarakat akan selalu terjalin dengan baik dan selalu saling menghormati satu sama lain ulas feri selaku ketua pemuda 25.

Pengunjung yang hadir terlihat sangat antusias dengan acara tersebut, Kebanyakan yang hadir dari mereka rata rata tetangga sendiri maupun dari desa sebelah demi untuk menyaksikan lomban kupatan serta ikut memeriahkan acara lomba tersebut.

Karena menurut mas feri selaku ketua pemuda 25 tradisi itu merupakan warisan kekayaan dan bentuk ciri khas kearifan lokal dari para pendahulu, untuk perlu di jaga dan di lestarikan untuk generasi selanjutnya agar tidak punah terkikis masa.
(Mi-News/Sus)

Posted in ,

Artikel Terkait

Kategori

Arsip Berita

Popular Post