Sedekah Bumi di Desa Sumur Karang Sondo Diramaikan Dengan Gebyar Karnaval

By - May 21, 2024 | Post View : 41 views
Screenshot_20240521_134638_VN - Video Editor

Mi-News.Com | Pati – Tidak mau ketinggalan seperti desa – desa yang lain,Desa Sumur Karang Sondo, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati,juga mengadakan Sedekah Bumi,yang diselenggarakan setiap tahunnya,Senin ( 20/05/24 ).

Hadir dalam Sedekah Bumi Desa Sumur Karang Sondo antara lain : Iptu Sutedjo ( Kapolsek Cluwak) bersama 7 personil,Kapten Bambang. MP.( Danramil ) dengan 3 anggotanya,perangkat desa Sumur Karang Sondo,tokoh agama,tokoh masyarakat,Karang taruna,semua RT, dan Kasnadi ( kabiro media Millenium News.com ) beserta Biyanto ( Investigasi),Andi Saputra ( Wartawan),serta tamu yang hadir lainnya pula.

Saat awak media menemui Mulyadi Kepala Desa Sumur dan mewawancarai mengenai kegiatan Sedekah Bumi ini,menyampaikan bahwa sedekah bumi ini sifat swadaya masyarakat desa yang didukung oleh 23 RT dan 3 RW dengan biaya gotong -royong yang bersatu dan kompak demi memeriahkan Sedekah Bumi dengan digelarnya karnaval keliling desa sebagai hiburan setahun sekali bagi warga desanya”ucapnya.

” Untuk acara Sedekah Bumi Desa Sumur Karang Sondo ini,diawali pembukaan, dengan pertunjukkan Wang Kulit dan ditutup dengan seni ketoprak ” Putro Budoyo ” dari Yuana.

Dalam gebyar karnaval itu,masyarakat desa,di suguhi beberapa penampilan peserta karnaval seperti dengan berbagai kostum yang menarik,seni tari jaran kepang,berbagai hasil bumi dan pertanian desa yang dikemas apik dan menarik yang berupa gunungan,jembulan yang di desain dan ditata begitu unik berupa Gemblong dan Wajik,sebagai ciri khas kue tradisional,tuturnya.

Disamping itu,setelah Sedekah Bumi berkeliling desa dengan berbagai hiburan yang menarik,dan memamerkan hasil Bumi yang berupa: polo kependem, polo kesimpar,dan polo gumantung,serta jembulan yang terbuat dari gemblong dan wajik,kemudian dibagikan sama masyarakat desa setempat maupun para pengunjung yang berasal dari luar desa setelah acara selesai,tandasnya.

Sedangkan Kapolsek Cluwak berpesan pada semua warga yang ikut serta karnaval,agar menjaga kamtibmas,dengan saling menghargai pengguna jalan yang lain,karena jalan dilewati merupakan jalan DPU Kabupaten yang sangat ramai,tuturnya.

Begitu juga himbauan yang disampaikan Kapten Bambang MP ( Danramil Cluwak) agar peserta karnaval dilarang mengkonsumsi Minuman keras ( Miras ),tegasnya.

Warga desa yang diwakili mbah Ngadimin dan mbah Sudar berharap agar kegiatan sedekah bumi yang meriah ini,biasa dilestarikan dan diadakan setiap tahun sekali sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Sang Pencipta Alam Semesta atas beserta seisinya,juga mendoakan para punden untuk mendapatkan wasilah nya agar agar terhindar dari bala bencana dan sebagainya.


(Kasnadi/tim)

Editor:Alvin

Posted in

Artikel Terkait

Kategori

Arsip Berita

Popular Post