Wapimred MI – News.Com Adakan Pelatihan Penulisan Berita Terhadap Anggotanya.

By - May 17, 2024 | Post View : 42 views
Screenshot_20240517_142452_VN - Video Editor

MI-News.Com | Pati – Demi meningkatan wawasan tentang bagaimana cara penulisan sebuah berita yang benar dan runtut sesuai prosedure,Wakil Pimpinan Redaksi Media Millenium News.Com meluangkan waktunya dengan memberikan pemaparan tentang beberapa unsur penulisan berita, yang bertempat di Rumah Subiyono ( wakil kabiro) yang beralamatkan di Desa Cebolek,Kecamatan Margoyoso,Kabupaten Pati,Kamis ( 17/5/2024 ) pukul 16.00 WIB.

Adapun pelatihan penulisan berita tersebut diikuti awak media MI – New.Com Cabang Pati antara lain: Kasnadi ( kabiro),Subiyono ( wakabiro),Investigasi ( Biyanto),Viryanus Edyanto ( wartawan),dan Andi Putra ( wartawan )

Adhi Supratiwo ( Wakil Pimpinan Redaksi MI – News.Com) menyampaikan bahwa,seorang penulis tidak boleh melupakan 5W +1H ( Adiksimba),yakni what ( apa),when ( kapan),where (di mana),who (siapa),why
( siapa),dan how ( bagaimana).

Secara ” teknis “, menulis berita itu melaporkan peristiwa dengan menyusun unsur atau elemen berita yang terangkum dalam istilah 5W +1H,yaitu:
who ( pelaku,subyek,siapa? ), what ( peristiwa),where ( tempat),when ( waktu),why ( tujuan,latar belakang peristiwa),dan how ( detail peristiwanya).

Dan yang paling penting teknik penyampaian berita yang harus dipahami oleh seorang jurnalis antara lain;
1.Menentukan Topik,biasanya topik yang biasa dijadikan berita adalah peristiwa – peristiwa terkini yang sedang hangat diperbincangkan oleh publik.
2.Mencari Sumber
3.Penggalian Data
4.Memperhatikan Unsur 5W+1H
5.Membuat Headline ( Judul Berita)
6.Membuat Teras Berita ( Laad), dan
7.Membuat Isi Berita ( Body)

Dengan Pemaparan mengenai bagaimana cara penulisan berita yang begitu detail itu,sangat direspon sekali oleh anggota yang hadir sebagai pembekalan ilmu yang bermanfaat yang disampaikan oleh Wakil Pimpinan Redaksi sebagai Nara Sumber dalam meningkatkan kualitas dirinya dalam merilis berita apapun.

Setelah menimba ilmu dari pelatihan tersebut,diharapkan para anggotanya dapat membuat berita yang baik dan benar dengan mengedepankan kode etik jurnalistik.

(MI – News / Atik)

Editor:Alvin

Posted in

Artikel Terkait

Kategori

Arsip Berita

Popular Post